Rabu, 23 Desember 2015

MANAJEMEN PEMBANGUNAN | ST-AG BR

Perkembangan manejemen pembangunan daerah dalam era globalisasi


1. Era perkembangan manajemen
Berkaitan dengan datangnya millennium baru (kinnedy) 1995 mengingatkan pada semua pihak perlunya menyiapkan dirinya secara proaktif. Ada yang perlu diperhatikan mengenai ledakan penduduk diberbagai belahan dunia, komunikasi dan revolusi industri baru. Untuk mengatasi ledakan penduduk perlu kombinasi yang tepat ; manajemen sumber daya manusia, manajemen kependudukan, manajemen teknologi.
Dengan menggunakan manajemen yang baik, manusia akan mampu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi secara lebih efektif dan lebih efisien.
Tolak ukur dalam sistem mutu yang dikenal dengan ISO 9000 dan ISO 1400 untuk produksi yang bersahabat dengan lingkungan. Kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya :
ü Dalam pelaksanaan pembangunan perlunya memperhatikan kelesatarian lingkungan
ü Pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan telah mendorong pembangunan yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan hasil dari daur ulang
ü Penggunaan label lingkungan
2. Kecenderungan pemerintah abad ke 21
a. Dilihat dari peranannya : peranan pemerintah berkurang dengan meningkatnya kedewasaan masyarakat. Pengurangan peranan berarti pengurangan jumlah pegawai
b. Perubahan visi misi berubah yang tadi dilayani sekarang melayani
c. Dilihat dari fungsi manajemen : lebih banyak menjalankan fungsi perencanaan yang bersifat strategik
d. Dilihat dari fungsi manajemen : manajemen pemerintahan lebih banyak bekerja dengan bentuk jaringan kerja sama
e. Jenjang birokrasi lebih pendek sehingga pengambilan keputusan dapat lebih cepat.
f. Dilihat dari kepemimpinannya : ditopang dengan karakter dan intelektual

Aspek-aspek manajemen yang cenderung akan berubah :
1. Aspek manajemen sumber daya manusia
a. Mengangkat dan memberhentikan karyawan
b. Menggaji karyawan
2. Aspek manejemen perencanaan
Manajemen perencanaan yang dikelola oleh BAPEDA secara bertahap akan ditangani oleh pejabat-pejabat fungsional perencanaan sehingga menjadi lebih professional
3. Aspek manajemen keuangan
Adanya perimbanga keuangan pusat dan daerah
4.  Aspek manajemen logistik
Salah satu fungsi otonomi daerah adalah memenangkan rumah tangga sendiri dan kita ketahui bahwa manajemen logistik sangat lemah sehingga kekayaan daerah tidak termanajemen dengan baik
5. Aspek manajemen konflik
Akibat peran demokrasi semakin kuat maka tidak tertutup kemungkinan terjadi konflik sehingga diperlukan penyelesaian secara arif.
3. Administrasi pembangunan
Administrasi pembangunan tidak lain adalah administrasi negara yang lebih untuk mendukung proses pembangunan. Administrasi pembangunan ini kecuali ada tambahan dalam kriteria dasar yang disebutkan terdahulu yang bersifat pembaharuan yang dikehendaki . agar administrasi negara yang sudah menjadi administrasi pembangunan lebih bisa mendukung proses pembangunan maka pada umumnya ia terikat dengan hubungan dengan perencanaan pembangunan.
4. Pembangunan berencana
Kebijaksanaan adalah arah kegiatan yang ditetapkan dalam rangka memecahkan suatu permasalahan , dalam hal ini masalah administrasi pembangunan.
Kebijaksanaan pembangunan yang bersifat mendasar sering disebut sebagai strategi pembangunan. Kebijaksanaan pembangunan ini dijabarkan dalam suatu perencanaan pembangunan sehingga perencanaan pembangunan berisi berbagai kebijaksanaan pembangunan dan program-program (investasi pembangunan).
Pembangunan nasional adalah usaha pemerintah dan masyarakat yang dilakukan secara terencana, agar pembangunan dapat terselenggara secara terencana, yaitu secara sadar, teratur, sistematis, berkesinambungan, mengusahakan peningkatan, dan kemampuan menahan gejolak-gejolak dalam pelaksanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar